Membuat Web e-Commerce Menggunakan CMS OpenCart

Membuat Web e-Commerce Menggunakan CMS OpenCart

Membuat Web e-Commerce Menggunakan CMS OpenCart
- Selamat datang, sebelumnya saya sudah buat artikel yang berjudul Rekomendasi 10 TV Series Terbaik. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial yang berkaitan dengan website.

Perkembangan dari teknologi yang semakin pesat membuat masyarakat terus berpikir bagaimana memanejemen sumber daya sebaik mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, internet adalah salah satu solusi yang selalu dipakai oleh pengusaha untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Ada banyak cara untuk memasarkan produk di internet, mulai dari promosi di sosial media, menjadi member di web marketplace, atau membuat web toko online sendiri.

Mempunyai web toko online adalah langkah yang tepat dalam hal pemasaran produk, mengingat pengguna internet yang menggunakan smartphone atau komputer sangat banyak dari kaum muda hingga kaum tua sekalipun, dengan adanya toko online pelanggan sangat leluasa untuk mencari produk yang mereka inginkan tanpa harus repot-repot datang, dengan begitu hubungan antara penjual dan pembeli bisa lebih kompleks.

OpenCart adalah salah satu CMS (Content Managemen System) yang sangat populer dimasyarakat, OpenCart bergerak dibidang CMS e-Commerce, keuntungan menggunakan OpenCart selain gratis juga cukup powerfull dengan berbagai fitur untuk menyokong kebutuhan para pengusaha untuk berjualan.

Di sini saya memberikan tutorial instalasi CMS OpenCart di localhost, jika Anda ingin melakukan instalasi di server/hosting sendiri sebenarnya caranya tidak jauh berbeda.

1. Download CMS nya di www.opencart.com.
2. Langkah ke-dua adalah ekstrak file yang sudah didownload ke folder localhost masing-masing yang ada di htdocs, dalam kasus ini saya membuat folder baru bernama "opencart" dan meng-ekstrak file opencart yang sudah didownload ke dalam folder tersebut, seperti gambar di bawah ini..
Membuat Web e-Commerce Menggunakan CMS OpenCart
Langkah awal

3. Selanjutnya ketik localhost/nama_folder/upload di browser Anda, jangan lupa aktifkan dahulu Apache dan MySQL pada Xampp nya. ganti nama_folder dengan nama folder tempat Anda ekstrak file OpenCart masing-masing, contohnya saya ekstrak file OpenCart ke dalam folder opencart di dalam folder htdocs (seperti gambar sebelumnya), setelah itu akan muncul halaman seperti di bawah ini klik continue.
Membuat Web e-Commerce Menggunakan CMS OpenCart
Langkah pertama
4. Selanjutnya klik CMS OpenCart akan mengecek apakah pc Anda kompatibel.
Membuat Web e-Commerce Menggunakan CMS OpenCart
Langkah kedua
5. Langkah ke-lima, di sini Anda akan memasukan nama database, sebelumnya buat terlebih dahulu di localhost/phpmyadmin, karena kita akan menginstall CMS OpenCart di locahhost maka biarkan kolom bagian hostname terisi "localhost". Setalah Anda membuat database baru di phpmyadmin, masukkan nama database nya di bagian kolom Database tadi, selanjutnya isi username, password, dan email, ini fungsinya agar Anda nanti bisa login ke dalam control panel admin, seperti gambar di bawah ini.
Membuat Web e-Commerce Menggunakan CMS OpenCart
Langkah ketiga
6. Setelah melanjutkan tunggu beberapa saat OpenCart melakukan penginstalan, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, klik "GO TO YOUR ONLINE SHOP" untuk menuju ke web e-Commerce Anda, atau klik "LOGIN TO YOUR ADMINISTRATOR" untuk menuju ke cpanel admin.


Oke, sampai langkah ke-6 proses penginstalan CMS OpenCart telah selesai. Mudah, bukan? Dengan beberapa langkah Anda telah berhasil membuat toko online sendiri, tutorial di atas hanya sebagai pembelajaran dasar dalam pembuatan toko online, selanjutnya Anda bisa memasang nya ke dalam server hosting dan domain agar dapat dilihat banyak orang, dengan begitu Anda bisa memasarkan berbagai produk yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

0 Comments


EmoticonEmoticon