Mengembalikan Grub yang Hilang Setelah Install Ulang Windows

Mengembalikan Grub yang Hilang Setelah Install Ulang Windows

Mengembalikan Grub yang Hilang Setelah Install Ulang Windows - Postingan perdana setelah sekian lama blog ini tidak diurus karena saya punya banyak kesibukan di dunia nyata, selain itu mengurus blog juga sepertinya sedikit membosankan.

Oke, permasalahan kali ini yang saya temui adalah ketika selesai install ulang operating sistem Windows saya, saya cukup terkejut karena Grub Loader yang biasanya muncul untuk menentukan pilihan apalah memilih Linux atau Windows tiba-tiba tidak ada. Sebenarnya ini cara lama dan saya sudah lama tau, hanya saja saya posting sekarang juga karena beberapa hari yang lalu teman saya bertanya hal yang sama, jika kalian mengalami hal yang sama, tak perlu khawatir atau tak perlu langsung install ulang. Okeh, kita langsung saja.

1. Sebelumnya kalian harus punya LiveCD Linux dengan versi yang sama dan distro yang sama seperti yang kalian install sebelumnya, langsung boot.

2. Buka terminal pada Linux kalian, di sini saya menggunakan Xubuntu varian dari Ubuntu jadi tinggal tekan  CTRL+ALT+T.

3. Ketik perintah sudo su lalu ketik fsdisk -l maka akan muncul partisi tempat kalian menginstall Linux, seperti gambar di bawah ini.

4. Pada gambar di atas partisi Linux saya ada di sda2. Setelah kamu mengetahui nya selanjutnya ketik perintah mount /dev/sda* /mnt tanda bintang (*) ganti dengan nomor partisi kalian, karena tiap orang punya partisi yang berbeda.

5. Setelah itu ketik perintah grub-install --root-directory=/mnt /dev/sda fungsinya untuk menginstall grub kembali.

6. Sampai di sini grub berhasil di install, langkah selanjutnya adalah update grub dengan perintah update-grub pada terminal, setelah itu restart komputer kalian.

Setelah mengikuti tutorial singkap diatas, kalian pasti sudah dapat menampilkan grub yang hilang.
Previous
Next Post »

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel