Menjalankan Aplikasi Windows di Linux Menggunakan Wine

Menjalankan Aplikasi Windows di Linux Menggunakan Wine - Sebelumnya kita sudah membahas tutorial tentang Cara Install Ncmpcpp dan Mpd di Ubuntu, Putar Musik Lewat Terminal dimana kita bisa memutar musik diterminal, kali ini saya akan share tutorial bagaimana cara menjalankan atau menginstall aplikasi windows di linux, sebab kita sendiri tau, terkadang windows itu memiliki banyak sekali dukungan aplikasi dari penyedia aplikasi ada yang berbayar atau gratis, yang jadi masalah adalah aplikasi tersebut tidak ada pada linux.

Apa itu wine? wine adalah aplikasi yang hanya ada di linux, fungsi dari wine adalah untuk menginstall atau menjalankan aplikasi windows di linux karena paket aplikasi atau ekstensi dari aplikasi windows adalah *.exe sehingga tidak bisa di install di linux, tapi tenang, wine bisa mengatasi nya. Walau demikian wine tak selamanya bisa karena ada konfigurasi tersendiri untuk menginstall aplikasi yang besar. Kita langsung menuju tutorial install wine aja ya.

1. Buka terminal dan ketik perintah dibawah ini satu per satu.
sudo su
add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
apt-get update
apt-get install wine1.7
2. Oke, jika sudah, maka instalasi wine sudah berhasil.

Cara lain untuk install wine adalah dengan cara download lewat Ubuntu Software Center, kalian tinggal search "wine" maka akan ketemu, seperti gambar dibawah ini, tinggal install aja.
Menjalankan Aplikasi Windows di Linux Menggunakan Wine

Untuk menjalankan wine, kalian tinggal pergi ke menu utama untuk melihat wine, atau klik secara langsung aplikasi windows nya.
Sekian, semoga bermanfaat. :)
Previous
Next Post »

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel