MASIGNCLEAN101

Cara Mudah Koneksikan Database Acces ke Visual Basic 6

Baca Juga


Microsoft Acces adalah database managemen system yang dibuat oleh perusahaan Microsoft, aplikasi ini sudah ada dalam paket Microsoft Office, Ms. Acces bisa kamu gunakan untuk membuat dan mengelola database, hanya saja untuk kapasitas rumahan karena hanya bisa menampung data yang cukup terbatas, selain tampilan nya yang apik Ms. Acces juga mudah digunakan. Nah, buat kamu yang sedang bingung bagaimana cara mengkoneksikan database Ms. Acces ke Visual Basic 6 maka akan saya beri tutorial nya sebagai berikut.

1. Pertama-tama buat dulu database nya di Ms. Acces, saya sudah buat yang sederhana seperti gambar di bawah.
Gambar I.1 Membuat database

2. Kedua saya yakin kamu sudah buat dan desain form nya maka hal yang harus kamu lakukan adalah klik kanan pada toolbar di samping kanan, dan klik components.
Gambar I.2 menambahkan komponen

3. Setelah itu akan muncul sebuah jendela, maka cari komponen yang bernama Microsoft ADO Data Control 6.0, dan Microsoft DataGrid Control 6.0. Kita kan mengkoneksikan database lewat ADODC dan Data Grid berfungsi untuk menampilkan database nya nanti.
Gambar I.3 Menambah komponen

4. Setalah itu masukan ADODC ke dalam form, tak lupa Data Grid nya juga, seperti gambar berikut.
Gambar I.4 Menambah komponen ke dalam form

5. Setelah itu klik kanan pada ADODC dan pilih ADODC Properties.
Gambar I.5 Mulai setting ADODC

6. Nah, setelah itu kan muncul jendela kamu pilih Build pada Use Connection String, dan setelah itu maka akan muncul jendela lagi kamu pilih Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider, selanjutnya klik Next.
Gambar I.6 Membuat koneksi

7. Setelah itu akan muncul lagi jendela, kamu klik kotak kecil yang ada titik-titik tiga nya, maka akan muncul jendela lagi untuk mencari database yang ingin di koneksikan dengan VB6, jika sudah ketemu klik database nya dan klik Open, selanjutnya klik OK, lihat gambar di bawah.
Gambar I.7 Memilih database

8. Belum selesai sampai di situ, setelah diklik OK, maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah, ubah Comman Type nya jadi 2 – adCmdTable setelah itu pilih nama tabel dibagian Table or Stored Procedure Name, jika sudah klik OK.
Gambar I.8 Memilih tabel

9. Sekarang klik Data Grid yang ada di form dan ubah DataSource nya jadi Adodc1, seperti gambar di bawah.
Gambar I.9 Mengubah Data Source

10. Maka database Acces berhasil dikoneksikan, untuk mencoba nya silahkan run program masing-masih, contohnya seperti program sederhana saya seperti gambar di bawah saya berhasil meng-input data.
Gambar I.10 Demo program

11. Untuk memastikan apakah datanya masuk ke Acces mari kita coba lihat di Ms. Acces nya.
Gambar II.1 Melihat isi database

Itu adalah salah satu cara untuk mengkoneksikan database Acces pada Visual Basic 6, ada cara lain yaitu menggunakan modul dan kode, tetapi akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya entah kapan saya tidak tau. Kiranya tutorial Cara Mudah Koneksikan Database Acces ke VB6 bermanfaat bagi kamu.
Share This :
John Holongky Sinaga

Hanya seorang introvert yang gemar menghirup oksigen. Saat ini sedang kuliah mengambil jurusan Manajemen Informatika.