MASIGNCLEAN101

Tutorial Mudah Install Xampp Pada Linux/Ubuntu

Baca Juga

Tutorial Mudah Install Xampp Pada Linux/Ubuntu - Xampp adalah aplikasi yang dapat digunakan sebagai server lokal (localhost) dengan aplikasi xampp Anda dapat mengesekusi script atau aplikasi tertentu.
Xampp terdiri dari Apache sebagai server dan MySQL sebagai database management system. Xampp dapat berjalan pada platform windows, mac os, ataupun linux. Dikesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara install aplikasi xampp di linux, bagaimana cara membuka atau mengaktifkan xampp pada linux.

1. Download xampp terlebih dahulu di web nya disini web xampp.
2. Setelah didownload saatnya kita install.

sudo su
cd Unduhan
chmod +x xampp-linux-5.6.21-0-installer.run
./xampp-linux-5.6.21-0-installer.run
Perlu diperhatikan bahwa dir Unduhan adalah tempat file xampp tersimpan, jika file xampp Anda tersimpan di Downloads maka ubah jadi cd Downloads, lalu xampp-linux-5.6.21-0-installer.run adalah nama file xampp saya sesuaikan dengan punya Anda.

3. Setelah itu akan muncul sebuah window installer nya seperti dibawah ini.

Tutorial Mudah Install Xampp Pada Linux/Ubuntu 

4. Tinggal klik next dan next maka installer akan masuk pada tahap proses, setelah tahap proses maka xampp siap digunakan.

Bagaimana cara menggunakan xampp?
Setelah instalasi selesai, cara mengaktifkan xampp cukup mudah. Direktori file xampp tersimpan ada di /opt/lampp/, untuk mengaktifkan xampp Anda hanya perlu mengetik sudo /opt/lampp/lampp start pada terminal atau sudo /opt/lampp/manager-linux.run untuk masuk dalam mode GUI.



Bagaimana? Cukup mudah, bukan? Menggunakan linux artinya melatih skill Anda, berbeda dengan memakai windows di mana Anda tak perlu bermain dengan terminal. Sekian.
Share This :
John Holongky Sinaga

Hanya seorang introvert yang gemar menghirup oksigen. Saat ini sedang kuliah mengambil jurusan Manajemen Informatika.